"Selamat Datang Di Blogku..."

Sabtu, 07 Januari 2012

Misteri Ukiran Stegosaurus Di Kuil Kamphuchea

Teka-teki crytozoology dapat muncul di mana saja, kapan saja, dan tak mengenal waktu. Kali ini, tempat yang menjadi teka-teki dunia crytozoology tersebut adalah Kamphuchea ( Kamboja ), salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Salah satu situs yang paling terkenal di Kamphuchea adalah Kuil Hutan Ta Prohm, yang sudah dibangun sekitar 800 tahun yang lalu. Seperti monumen-monumen lain yang dibangun pada tahun-tahun yang kurang lebih sama, maka bangunan yang terkenal ini memiliki ukiran-ukiran yang berbau Hindhu-Budha. Namun, ada satu ukiran yang terdapat pada kuil tersebut yang membuat para arkelog menjadi bingung. Ukiran tersebut memperlihatkan seekor makhluk dengan kepala kecil, berkaki empat, dan membawa sirip berbentuk berlian di punggungnya, ukiran yang memperlihatkan seekor Stegosaurus...!!!
Kuil Hutan Ta Phrom adalah sebuah kuil yang dibangun oleh peradaban Khmer di Kampuchea sekitar tahun 1181 M. Kuil ini ditemukan oleh para misionaris dan penjelajah Portugis pada abad ke-16.

Ukiran stegosaurus sangat begitu populer di kalangan pemandu wisata yang bertanya kepada para turis apakah dinosaurus masih hidup sekitar 800 tahun yang lalu. Lalu, mereka akan menunjukkan gambar ukiran ini kepada para turis. Apakah mungkin ukiran tersebut adalah sebuah tipuan modern yang digunakan untuk menipu para turis? Ataukah ukiran tersebut asli seperti ukiran yang lainnya? Atau Mungkinkah para pendiri kuil tersebut pernah menjumpai Stegosaurus, bahkan saat mereka dalam keadaan hidup?
Beberapa orang telah mencoba menolak teori pada ukiran tersebut adalah ukiran stegosaurus. Mereka mengemukakan bahwa ukiran tersebut adalah ukiran seekor badak dengan ornamen di pinggir, sehingga menimbulkan efek seperti stegosaurus.

Namun, beberapa orang juga berpendapat bahwa ukiran tersebut benar seekor stegosaurus, mungkin sebabnya adalah jika membandingkan dengan ukiran-ukiran hewan lainnya di kuil tersebut, ukiran-ukiran tersebut tidak memiliki ornamen di dalam lingkarannya. Seperti contohnya di bawah ini...
Kemudian, beberapa ukiran hewan juga memiliki ornamen seperti sirip punggung stegosaurus. Tetapi, semua ornamen tersebut memiliki persamaan, yaitu diukir DI LUAR LINGKARAN, bukan DI DALAM LINGKARAN, bahkan tidak ada satupun ornamen ukiran hewan yang berada di luar lingkaran, bahkan ukiran stegosaurus. Seperti contohnya di bawah ini...
Apabila sirip tersebut adalah sebuah ornamen, mengapa hanya "badak" tersebut yang mempunyai ornamen di dalam lingkarang?  Mungkin ada kemungkinan bahwa ukiran tersebut ditambahkan setelah tahun 1877, setelah stegosaurus menjadi terkenal, oleh tangan jahil yang sengaja membuat orang menjadi bingung. Hal ini seperti yang pernah terjadi di Katedral Salamanca di Spanyol yang dibangun pada tahun 1102. Pada dinding katedral yang berumur 900 tahun tersebut ditemukan sebuah ukiran seseorang berbaju astronot lengkap. Hal ini menjadi diskusi yang berkepanjang di dunia maya. Hanya sedikit yang mengetahui bahwa lukisan tersebut ditambahkan pada tahun 1992, ketika katedral tersebut direstorasi. Bisa saja hal tersebut terjadi pada Kuil Ta Phrom. Namun, sampai saat ini tidak ada informasi yang menjelaskan tentang hal tersebut.

Atau... mungkin stegosaurus memang benar pernah berkeliaran di Kamphucea 800 tahun yang lalu.
Sumber :http://xfile-enigma.blogspot.com/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar