"Selamat Datang Di Blogku..."

Minggu, 11 November 2012

10 Hewan Dengan Kekuatan Gigitan Terbesar

NB :Satuan yang digunakan untuk mengukur kekuatan gigitan adalah psi (pound per square inch). Sebagai 
        pembanding, manusia dewasa hanya memiliki kekuatan gigitan sebesar 150 psi.
1. Buaya, Kekuatan Gigitan :5.000 psi
Buaya adalah hewan dengan kekuatan gigitan terbesar di dunia. Bahkan, kekuatan gigitan buaya dua kali lebih besar dibandingkan dengan Tyrannosaurus, hewan karnivora darat terbesar di dunia yang telah punah 65 juta tahun yang lalu. Kekuatan gigitan buaya didukung dengan gigi-giginya yang besar dan tajam dan otot rahangnya yang kuat. 

Kekuatan gigitannya yang sangat kuat membuat buaya bisa memangsa hewan yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar dibandingkan tubuhnya, sepertinya seperti rusa, monyet, kerbau, dan sebagainya. Ketika mangsanya menghampiri wilayahnya untuk minum, buaya menghampiri mangsanya secara diam-diam dan mengendap-endap. Warna dan ukuran tubuhnya yang menyamarkan seperti batang kayu yang mengapung membuat mangsanya tidak menyadari ada predator yang mengintainya. Setelah buaya mendapatkan mangsanya, buaya-buaya akan membantu temannya untuk menahan mangsanya dan menyerangnya dari berbagai sisi. Ini yang membuat mangsanya tidak bisa berbuat apa-apa. Kemudian, buaya yang akan memakan mangsanya secara bersama-sama.
 2. Kuda Nil, Kekuatan Gigitan :1.821 psi
Sekalipun bukan termasuk hewan karnivora, kuda nil juga merupakan hewan yang memiliki kekuatan gigitan terbesar, yaitu sebesar 1.821 psi. Kuda nil adalah hewan herbivora dengan kekuatan gigitan terbesar. Meskipun tidak didukung dengan gigi yang tajam seperti halnya buaya, tetapi kuda nil memiliki rahang yang cukup besar dan kuat. Inilah yang membuat para pemangsa seperti halnya buaya takut kepada kuda nil. Karena itulah kuda nil tidak memiliki musuh ataupun pemangsa. Tetapi jika pun ada, mungkin tidak sebanyak rusa atau banteng.
3. Gorilla, Kekuatan Gigitan :1.300 psi
Sama seperti halnya kuda nil, gorilla sebenarnya adalah hewan herbivora yang memiliki gigi yang tidak begitu tajam, tetapi kekuatan gigitannya didukung dengan otot-otot pada rahangnya yang sangat kuat. Gorilla menggunakan kekuatan gigitannya untuk memotong tumbuhan-tumbuhan yang bersifat keras, seperti bambu misalnya. Selain itu, gorilla menggunakan gigitannya untuk mempertahankan diri dari musuh.
4. Hyena, Kekuatan Gigitan :1.100 psi
Hyena merupakan hewan karnivora darat dengan kekuatan gigitan terbesar, yaitu sebesar 1.100 psi. Meskipun tubuhnya tidak sebesar singa ataupun harimau, namun gigitannya jauh lebih besar dibandingkan singa dan harimau. Bahkan, hyena dapat mematahkan dan menghancurkan tulang-tulang besar, seperti tulang paha gajah sekalipun. 

Karena kebiasaanya melumat dan memakan tulang, tidak aneh jika susu hyena betina memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dibandingkan hewan-hewan lainnya.
5. Harimau, Kekuatan Gigitan :1.050 psi
Harimau merupakan kucing dengan kekuatan gigitan terbesar, yaitu sebesar 1.050 psi. Seperti halnya buaya, gigitan kuat yang dimiliki harimau juga didukung oleh kekuatan otot-otot di rahangnya dan gigi-gigi yang tajam. 6. Singa, Kekuatan Gigitan :691-1.040 psi
Seperti halnya harimau dan buaya, singa memiliki gigitan yang kuat dan didukung dengan otot-otot rahangnya yang kuat dan gigi-giginya yang tajam. Bahkan, singa muda saja sudah memiliki kekuatan gigitan 700 psi.
 7. Alligator Snapping Turtle, Kekuatan Gigitan :1.004 psi
Percaya atau tidak ada kura-kura yang memiliki kekuatan gigitan melebihi kekuatan gigitan beruang? Ya, Alligator Snapping Turtle adalah kura-kura yang memiliki kekuatan gigitan melebihi kekuatan gigitan beruang, yaitu sebesar 1.004 psi. Padahal, Alligator Snapping Turtle tidak memiliki gigi satu pun. Kura-kura karnivora hanya mengandalkan tonjolan-tonjolan berujung tajam yang berada pada sisi-sisi mulutnya untuk memotong. Bahkan, kura-kura ini dapat memotong jari-jari tangan manusia.
8. Beruang, Kekuatan Gigitan :740 psi
Tidak seperti halnya buaya, harimau, ataupun singa, beruang memiliki gigi yang tidak tajam dan dikhususkan tidak untuk memotong ataupun membunuh mangsanya, melainkan sebagai alat pertahanan diri. 

Kekuatan gigitannya hanya didukung oleh otot-otot pada rahangnya saja. Tetapi, otot-otot rahangnya cukup kuat untuk menghasilkan kekuatan gigitan yang besar. 

Gigi beruang hanya beradaptasi dengan pemakan segala.
9. Jaguar, Kekuatan Gigitan :700 psi
Meskipun ukuran tubuhnya yang tidak mendukung dan tidak seimbang dengan kekuatan gigitannya, Jaguar bisa menyeret dan mengangkat benda dengan berat 360 kg atau kurang dengan mulutnya. Kekuatan gigitan jaguar juga didukung oleh giginya yang tajam yang otot-otot pada rahangnya yang sangatlah kuat. Sama seperti halnya Hyena, gigi Jaguar juga telah beradaptasi untuk memecahkan tulang, bahkan tempurung kura-kura sekalipun.
10. Hiu, Kekuatan Gigitan :669 psi
Mungkin dari beberapa orang tidak akan menyangka bahwa hiu adalah hewan dengan kekuatan gigitan paling rendah dalam daftar ini. Ini dikarenakan hiu hanya mengandalkan giginya saja, dan tidak mengandalkan secara penuh otot-otot rahangnya. Otot-otot rahang hiu sangatlah lemah dan biasa-biasa saja, sehingga ia hanya mengandalkan gigi-gigi yang tajam dan besar untuk menerkam buruannya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar