"Selamat Datang Di Blogku..."

Sabtu, 12 Januari 2013

Analisis-Sebenarnya Kepunahan Dinosaurus Tidak Sepenuhnya Disebabkan Oleh Meteor

Pasti semua orang di dunia mengenal dengan hewan yang satu ini, dinosaurus. Mereka hidup dan menguasai bumi 140-65 juta tahun yang lalu. Tetapi, apakah yang menyebabkan mereka menjadi punah?
Para ahli paleontogi berpendapatan bahwa kepunahan dinosaurus disebabkan oleh meteor yang jatuh dan menabrak bumi 65 juta tahun yang lalu. Tapi, apakah benar meteor yang perbandingannya sangat kecil dari ukuran bumi bisa memusnahkan semua makhluk hidup yang hidup di bumi pada masa itu? Menurut saya tidak. Memang benar bahwa 65 juta tahun yang lalu ada meteor yang menabrak bumi yang jatuh di Meksiko. Tetapi, apakah bisa meteor tersebut memusnahkan semua makhluk hidup pada masa itu? 

Saya berpendapat bahwa kepunahan dinosaurus tidak hanya disebabkan oleh meteor saja. Karena menurut saya, meteor yang ukurannya terlalu kecil dibandingkan dengan bumi tidak mungkin bisa memusnahkan semua makhluk hidup di bumi pada masa itu. 

Menurut saya, kepunahan dinosaurus juga disebabkan oleh tsunami, gempa bumi, dan gunung meletus. Saya punya penjelasan yang bisa membuktikan bahwa kepunahan dinosaurus juga disebabkan oleh tsunami, gempa, dan gunung meletus. Saya juga berpendapatan bahwa semua bencana alam tersebut terjadi secara bersamaan dengan datangnya meteor ke bumi. Mengapa berkata demikian?

Bukankah meteor yang mendarat di bumi akan menyebabkan bekas lubang di sekitarnya? Itulah yang menjadi patokan saya. Ketika meteor mendarat di bumi dan menciptakan lubang, magma yang berada di dalam dapur magma yang terletak di bawah permukaan bumi akan menyebar segala arah di muka bumi karena dorongan dari satu pusat di tempat meteor tersebut mendarat. Magma kemudian keluar dari dapur magma dan menyebabkan gunung-gunung api hampir di seluruh dunia meletus. Nah, karena kerasnya dorongan dari magma untuk keluar dari dapur magma, kejadian tersebut menghasilkan gempa bumi yang sangat dahsyat. Karena gempa yang besar, gempa menyebabkan tsunami dan meluluh lantakan semua makhluk hidup yang ada di bumi. 

Selain menyebabkan banyak sekali bencana alam, meteor juga menyebabkan perubahan pada bumi. Yaitu, perubahan cuaca, iklim, dan suhu yang sangat drastis. Debu-debu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung-gunung berapi yang meletus dan juga debu-debu bekas melintasnya meteor menyebabkan tertutupnya lapisan atmosfer yang menyebabkan sinar matahari tidak bisa menembus atmosfer bumi. Nah, inilah yang menyebabkan tumbuhan tidak dapat bertahan hidup, karena tumbuhan adalah produsen yang bisa membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari. Karena tidak ada sinar matahari, tumbuhan tidak bisa bertahan hidup. Ini berpengaruh pada dinosaurus herbivore. Dinosaurus herbivore tidak dapat bertahan dan kehabisan sumber makanan, dan kemudian menjadi punah. Karena dinosaurus herbivore punah, dinosaurus carnivore juga menjadi punah, karena mereka kehabisan sumber makanan. Sehingga, dinosaurus carnivore juga satu per satu mati. 

Tetapi, bagaimana mamalia bisa berkembang dengan cepat dibandingkan dinosaurus? Karena mamalia mudah dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya karena mamalia adalah hewan berdarah panas, sedangkan dinosaurus adalah hewan berdarah dingin. Tetapi, bagaimana bencana alam yang melanda bumi? Tidak semua tempat di bumi pada saat tersebut mengalami bencana alam. Jadi, ada beberapa hewan yang bertahan dan ada beberapa hewan yang tidak bisa bertahan. 

Mungkin itu adalah pendapat saya tentang apa sebenarnya yang menyebabkan dinosaurus punah. Terserah kepada anda mau setuju dengan pendapat saya atau tidak.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar