"Selamat Datang Di Blogku..."

Sabtu, 10 September 2011

9 Pulau Terbesar Di Dunia

Pulau merupakan sebidang tanah atau daratan yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan benua, tetapi berukuran lebih besar dibandingkan karang, yang dikelilingi oleh air atau lautan. 
1. Greenland, ( Luas :2.175.600 km2 )
Greenland (dalam bahasa Inggris, berarti "Tanah Hijau", nama resminya Kalaliit Nunaat, dalam bahasa Dermark), adalah pulau yang terletak di Pulau Atlantik bagian Utara di arah Timur Laut Kanada. Luas wilayah Greenland adalah 2.175.600 km2, dan merupakan pulau terbesar di dunia. Pulau Greenland merupakan daerah yang termasuk dalam wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Greenland diberi kemandirian sendiri, dan sejak tahun 1985 tidak menjadi anggota dari Benua Eropa. Ibukota Denmark adalah Nuuk.


Secara Geografis, Greenland merupakan bagian dari wilayah Amerika Utara. 80% wilayah Greenland tertutupi oleh es, dan selain itu, dibeberapa tempat, esnya dapat mencapai ketebalan 3 kilometer! Hanya bagian pesisir Barat dan Selatan saja yang dapat didiami oleh manusia.


Perekonian Greenland tergantung dari produksi bahari, peternakan domba, juga pertambangan. Produk-produk yang dihasilkan dari sektor pertambangan di Greenland antara lain adalah kreolit, kwarts, tembaga, seng, dan juga besi.


Penduduk asli Pulau Greenland adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara itu, ada juga orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark, atau juga biasa disebut orang Greenland atau Tanah Hijau. Penduduk Greenland kira-kira berjumlah 58.000 jiwa, yang terdiri dari 14,5% dan sisanya adalah suku bangsa yang lainnya. Bahasa yang banyak digunakan di Greenland adalah bahasa Inuit, sehingga merupakan bahasa resmi di sana selain bahasa Denmark.


Seperti Denmark, agama yang paling banyak dianut oleh penduduk-penduduk Greenland adalah Kristen Protestan aliran Luther.
2. Papua New Guinea, ( Luas: 890.000 km2)
Papua New Guinea atau Papua Nugini merupakan negara yang terletak di bagian Timur Pulau Papua, yang berbatasan dengan daratan di Provinsi Papua, Indonesia, di sebelah Barat. Papua Nugini juga berbatasan dengan benua Australia di sebelah Selatan dan negara-negara Oceania di selatan, timur, dan juga utara. Ibu kota Papua Nugini adalah kota Port Moresby, juga sebagai kota paling besar di Papua Nugini. Papua Nugini memiliki lebih dari 850 bahasa lokal asli, dengan populasi yang tidak lebih 6 juta jiwa. Selain itu, wilayah perkampungan di Papua Nugini merupakan salah satu yang paling luas, dengan hanya 18% penduduknya menetap di perkotaan. Papua Nugini merupakan negara yang sangat jarang dijelajahi, secara budaya maupun secara geografis. Selain itu, banyak jenis tumbuhan dan hewan yang belum ditemukan diduga ada di pedalaman Papua Nugini.


Sebagian besar penduduk Papua Nugini menetap di dalam masyarakat tradisional, dan juga sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian sederhana yang hanya dibutuhkan untuk kebutuhan sendiri.


Sebagian besar penduduk Papua Nugini bertempat di dataran tinggi. Hutan hujan di Papua Nugini dapat ditemukan di dataran rendah dan pantai. Di beberapa tempat di Papua Nugini, pesawat terbang adalah modus transportasi utama.


Papua Nugini merdeka dari Australia pada tahun 1975.
3. Kalimantan, (Luas:748.148 km2)
Kalimantan, pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Merupakan pulau terbesar ketiga di dunia, Kalimantan dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Brunei dan Indonesia (2/3) dan Malaysia (1/3). Pulau yang merupakan pulau terbesar di Indonesia ini, dijuluki "Pulau Seribu Sungai", dikarenakan banyaknya sungai yang mengalir di Pulau yang memiliki 16 juta (per 2000) jiwa penduduk ini.


Nama "Kalimantan" berasal dari kelamantan, sejenis buah sagu yang sering sekali dikonsumsi oleh penduduk-penduduk pulau ini.


Secara geografis, Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara Pulau Jawa, sebelah timur Selat Malaka, sebelah barat Pulau Sulawesi, dan sebelah selatan Filipina.


Pulau Kalimantan dikelilingi oleh Laut Cina Selatan di sebelah barat dan utara-barat, Laut Sulu di utara-timur, Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur, serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatan.


Di Kalimantan, Gunung Kinabalu setinggi 4095 meter yang terletak di Kota Sabah, Malaysia, merupakan lokasi tertinggi di Pulau Kalimantan. Selain itu, di Kalimantan juga terdapat Gunung Palung, Gunung Lumut, dan Gunung Liangpran.


Sungai-sungai terpanjang di Kalimantan antara lain adalah Sungai Kapuas (1143 km) di Kalimantan Barat, Sungai Barito (880 km) di Kalimantan Tengah, Sungai Mahakam (980 km) di Kalimantan Timur, Sungai Rajang (562,5 km) di Serawak, Malaysia.


Kalimantan terkenal dikarenakan hutannya yang lebat dan kaya akan kayu.
4. Madagaskar, (Luas:587.713 km2)
Republik Madagaskar (dalam bahasa Malagasy, "Repoblikan'i Madagasikara"), merupakan negara pulau yang terletak di Samudera Hindia, lepas di pesisir timur benua Afrika.


Penduduk dan bahasa yang ada di Madagaskar dinamakan "Malagasy".

Secara geografis, sebenarnya Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dengan benua utama Afrika. Pada saat pertama kali Pulau Madagaskar terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua Afrika. Sama seperti Australia, Madagaskar adalah daratan tua, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak ada aktifitas gunung berapi atau vulkanik. Kebanyakan tanah yang terdapat di Madagaskar berwarna merah, ini menunjukkan bahwa keadaan tanahnya yang telah melapuk.


Seperti Pulau Sulawesi, akibat isolasi selama jutaan tahun tersebut, flora dan fauna yang berada di Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik yang ditemukan di pulau tersebut.


5. Baffin, (Luas:507.451 km2)
Pulau Baffin (dalam bahasa Inuit, "Qikiqtaaluk"), merupakan pulau terbesar kelima yang juga merupakan salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Arktik di wilayah Nunavut, di bagian utara Kanada. Selain itu, Pulau Baffin juga merupakan Pulau terbesar yang terletak di Kanada. Pada tahun 2004, penduduk Pulau Baffin jumlahnya 11.000 jiwa. Nama pulau ini diambil dari penjelahan Britania, William Baffin.
6. Sumatera, ( Luas :443.065,8 km2)
Sumatera atau Sumatra, merupakan pulau terbesar kedua yang terletak di Indonesia, juga pulau terbesar keenam di dunia. Pada tahun 2000, jumlah penduduk pulau Sumatera mencapai 42.409.510 jiwa. Pulau Sumatera juga dikenal dengan nama lainnya, seperti Pulau Percha, Andalas, dan Suwarnadwipa (dalam bahasa Sansekerta, yang berarti "pulau emas), dll.

Secara umum, Pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu yang terdiri atas beberapa suku. Suku-suku besar yang mendiami Pulau Sumatera antara lain adalah Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Basemah, Ogan, Komering, dan Lampung. Di beberapa wilayah di pesisir timur Pulau Sumatera dan di kota-kota besar di Sumatera, seperti Medan, Palembang, dan Pekanbaru, banyak bermukim etnis Tionghoa. Penduduk Pulau Sumatera hanya terkonsentrasi di wilayah Sumatera Timur dan daratan tinggi di Minangkabau. Mata pencaharian penduduk Sumatera sebagian besar adalah petani, nelayan, dan pedagang.

Mayoritas penduduk Pulau Sumatera beragama islam dan sebagian kecil merupakan penganut protestan, terutama di wilayah Tapanuli di Sumatera Utara. Di wilayah perkotaan, dijumpai beberapa orang penganut agama buddha.

Secara geografis, Pulau Sumatera terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara, Pulau Sumatera berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda, dan di sebelah barat dengan Samudera Hindia.
7. Honshu, (Luas :227.414 km2)
Selain merupakan pulau yang terbesar di Jepang, pulau yang terletak di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri, dan timur Laut Kyushu ini merupakan pulau ketujuh terbesar di dunia. Selain itu, Pulau Honshu juga merupakan pulau dengan penduduk terpadat kedua di dunia, setelah Jawa.

Panjang Pulau Honshu sekitar 1300 km dan lebar yang bervariasi, antara 50 hingga 230 km. Jadi, total wilayahnya adalah 230.500 km2, sekitar 60% dari total luas wilayah Jepang. Garis pantainya sepanjang 5450 km.

Kebanyakan penduduk Pulau Honshu bermukim di dataran rendah, terutama di Hamparan Kanto di mana 25% dari seluruh penduduk tinggal di sekitar Tokyo dan Yokohama.
8. Britania Raya, (Luas :219.000 km2)
Britania Raya merupakan sebuah pulau yang terletak di lepas pantai Eropa Barat, sebelah barat laut. Secara keseluruhan, Pulau Britania Raya merupakan wilayah Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Di Britania Raya, terletak tiga negara bagian, yaitu Skotlandia, Inggris, dan Wales.
9. Victoria, (Luas :217.292 km2)
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar