"Selamat Datang Di Blogku..."

Minggu, 31 Juli 2011

10 Burung Dengan Bentangan Sayap Terbesar

1. Albatros Pengembara, rentangan sayap max:4 meter (Bahkan pernah dilaporkan ada yang mencapai 5,3 meter)
Dengan rekor yang telah dicatat oleh salah satu jenis albatros pengembara, dengan rentangan sayap sepanjang 5,3 meter, jelas sekali bahwa albatros adalah pemegang rekor sebagai hewan dengan rentangan sayap terbesar di dunia. Burung yang dapat tumbuh hingga panjang 107-135 cm dan berat 16,1 kg ini hidup di perairan Australia Selatan, termasuk Selandia Baru. Saat terbang, burung yang juga disebut elang laut ini tidak mengepakkan sayap, melainkan dengan cara melayang. Dengan cara ini, saat bermigrasi pada jarak ratusan mil, albatros tidak akan kelelahan untuk menempuh jarak selama berjam-jam. Dengan cara ini juga, albatros dapat menghemat 70% energinya yang dimulai pada saat ia mengepakkan sayap. Burung albatros mengepakkan sayap ketika berada di darat, setelah itu ia membiarkan sayapnya membuka dan membiarkan arus udara mengalir pada sayapnya.
2. Bangau Marabou, rentangan sayap max:4 meter (13 kaki)
Bangau Marabou memiliki rentangan sayap terlebar dari semua jenis burung, dengan rentangan sayap dapat mencapai lebih dari 4 meter (13 kaki), dengan berat lebih dari 9 kg (20 pon), & dapat tumbuh dengan tinggi 5 kaki (150 cm). Marabou biasanya memakan serangga, mamalia kecil, & ikan, sering kali marabou juga memakan daging. Setiap harinya marabou membutuhkan makanan sebanyak 700 gr (1,5 pon).
3. Pelikan Dalmatian, rentangan sayap max:3,5 meter
Pelikan dalmatian atau juga bisa disebut pelikan dalmasia adalah burung dari keluarga pelikan, yang merupakan pelikan terbesar di antara semua spesies pelikan. Burung yang memiliki paruh paling besar di antara burung yang lainnya ini hidup di Eropa Tenggara, India, dan Cina di rawa-rawa yang berair dangkal, kadang-kadang dapat ditemukan di dekat pesisir pantai. Panjang pelikan dalmatian rata-rata mencapai 170-190 cm (67-75 inci), dengan berat 11-15 kg (24-33 lb). Walaupun bermigrasi, pelikan dalmatian hanya bermigrasi pada jarak pendek. Makanan pelikan ini terdiri dari ikan dan burung yang lebih kecil. Seperti pelikan putih, populasi species ini telah menurun dikarenakan hilangnya habitat. Karena populasinya yang semakin menurun, burung ini juga dimasukkan dalam daftar AEWA.
4. Angsa Terompet, rentangan sayap max:3,4 meter
Sesuai namanya, angsa terompet memiliki suara yang hampir sama dengan suara terompet. Angsa terompet adalah angsa sekaligus burung air terbesar, dengan rentangan sayap dapat mencapai selebar 3,4 meter, dapat tumbuh mencapai panjang 183 cm (6 kaki) & berat mampu mencapai 17,6 kg. Angsa terompet jantan memiliki tonjolan yang menyatu dengan paruh, begitu juga jenis angsa yang lainnya. Angsa terompet adalah satu-satunya angsa yang memiliki paruh dengan warna hitam pekat keseluruhan. Angsa terompet dapat ditemukan di habitat dengan iklim sedang & sangat jarang ditemukan di daerah tropis, begitu pun dengan angsa yang lainnya. Angsa terompet hidup di beberapa wilayah di Australia & Selandia Baru. 
5. Kondor Andes, rentangan sayap max:3-3,2 meter
Sesuai namanya, burung yang termasuk species Amerika Selatan yang tergolong dalam familia cathartidae (hering dunia baru) dan satu-satunya burung yang berasal dari genus vultur ini hidup di Amerika Selatan bagian Barat, tepatnya di lereng-lereng di Pegunungan Andes. Selain di Andes, burung pemangsa terbesar ini juga hidup di Pasifik Amerika Selatan bagian Barat. Burung ini dapat tumbuh dengan bentangan sayap dapat mencapai 3,2 meter, panjangnya mencapai 100-135 cm, & berat maksimum mencapai 15 kg. Makanan hewan ini berupa bangkai hewan mati atau sisa-sisa makanan hewan karnivora lainnya.
6. Angsa Putih, rentangan sayap max:3 meter
Angsa Putih adalah burung air terbesar setelah angsa terompet. Angsa putih adalah burung dengan bulu terbanyak, sekitar 25.000 bulu! Angsa putih memiliki rentangan sayap selebar 3 meter, juga dapat tumbuh hingga panjang 1,5 meter. Angsa putih adalah salah satu hewan yang dilindungi oleh Agreement on the Conservation of African-Eurasian Migratory Waterbirds (AEWA) & Konvensi Ramsar sejak tahun 1972. Akan tetapi angka populasinya semakin menurun kembali dikarenakan polusi, pencemaran limbah, & hilangnya habitat karena pembangunan. Penyebaran burung air ini terdapat di banyak sungai kecil di Australia & Eurasia, & banyak wilayah di Eropa.

7. Angsa Whooper, rentangan sayap max:3 meter
Angsa Whooper memiliki panjang sekitar 60 inci & berat 50 pon, juga rentangan sayap selebar 3 meter. Angsa Whooper adalah satu-satunya jenis angsa yang jantan tidak memiliki tonjolan yang menyatu dengan paruh. Cara membedakan jantannya adalah jantannya memiliki paruh berwarna kuning, sedangkan yang betina memiliki warna putih kecoklatan & keduanya berwarna hutam di ujung paruhnya. Angsa Whooper hidup di daerah beriklim sedang & bulunya tahan dengan iklim yang dingin, sehingga whooper kadang-kadang dapat ditemukan di daerah yang beriklim dingin. Angsa Whooper hidup di Australia & Selandia Baru, sebagian di Amerika Utara & Eropa.
8. Kori Bustard, rentangan sayap max:2,75 meter
Burung yang bernama latin Ardeotis Kori ini adalah burung asli dari Afrika. Sekalipun bobotnya sangat berat, tetapi kori bustard adalah burung yang dapat terbang, walaupun banyak menghabiskan waktunya di daratan padang rumput sabana, Afrika Timur. Kori Bustard memiliki bulu berwarna antara perpaduan abu-abu dan cokelat, dengan kaki berwarna kuning. Ukuran rata-rata bustard jantan adalah 110 cm (3,6 kaki), sedangkan tinggi 60-90 cm (2-3 kaki), juga lebar sayap 230-275 cm (7,5-9,2 kaki), dan berat 12,4 kg, sudah termasuk berat rata-rata bagi jenis burung, karena burung memiliki tubuh yang sangat ringan untuk terbang. Bobot terberat pernah dicatat mencapai 20 kg. Tetapi, pernah dilaporkan seberat 34 kg. Saat betina sudah menghasilkan telur, jantan akan meninggalkannya untuk mengurus anak-anaknya sendiri.
9. Bustard Raksasa, rentangan sayap max:2,7 meter
Dengan berat mencapai 22 kg, bustard raksasa adalah burung terberat. Walaupun berat tubuhnya yang begitu berat, bustard raksasa masih dapat terbang, karena memiliki bentangan sayap yang cukup lebar, mencapai 2,7 meter. Walaupun berat maksimum bustard dapat mencapai 22 kg, pernah dilaporkan ada bustard raksasa yang memiliki berat hingga 34 kg! Penyebaran bustard terdapat di banyak wilayah di Asia, seperti India.
10. Pelikan Australia, rentangan sayap max:2,5 meter
Burung undan atau biasa disapa dengan nama pelikan memiliki bentangan sayap mencapai 2,5 meter. Paruh burung ini sangat besar di antara burung lainnya. Panjang paruhnya dapat mencapai 49 cm, sedangkan panjang tubuhnya mencapai 1,6-1,8 meter. Paruhnya dapat menampung 2 liter air & 2X ikan yang ada di perutnya! Sesuai namanya, penyebaran hewan ini terdapat di Australia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar