"Selamat Datang Di Blogku..."

Sabtu, 30 Juli 2011

14 Hewan Terbesar Menurut Jenisnya

1. Paus Biru, Hewan Terbesar-Panjang max:33,5 meter (103 kaki)
Paus biru dapat tumbuh hingga mencapai panjang 29,5-33,5 meter (100-103 kaki) & bobot dapat mencapai 190 ton! Selain itu, bayi paus biru yang baru lahir panjangnya dapat mencapai 6-8 meter! Ukuran paus biru melebihi ukuran bus & bobot sama dengan 15-20 ekor gajah afrika! Lidahnya memiliki ukuran sebesar mobil! 

Walaupun besar, paus biru hanya memakan plankton & krill. Setiap harinya, paus biru dapat menghabiskan 4 ton krill. Paus biru menangkap mangsanya menggunakan sebuah penyaring yang disebut baleen yang terbuat dari keratin. Saat paus biru membuka mulut, relatif semua plankton akan masuk ke dalam mulut & tersaring di baleen. 

Walaupun banyak menyebut paus adalah ikan, tapi ternyata paus adalah hewan mamalia bernapas menggunakan paru-paru, berdarah panas, memiliki jantung dengan 4 ruang, & memiliki kelenjar susu. Walaupun paus bernapas dengan paru-paru, paus tidak memiliki hidung, melainkan menggunakan lubang pernapasan yang terdapat di atas kepalanya. Udara akan masuk melalui lubang tersebut. Sekali bernapas, paus dapat bertahan di dalam air selama 1 jam atau bahkan lebih. Walaupun begitu, paus harus naik ke permukaan air untuk mengambil udara sebelum mereka menyelam. Paus biru mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cepat. Walaupun termasuk mamalia, paus tidak pernah naik ke daratan, tetapi beberapa paus melompat dari air. Mereka menjatuhkan diri dengan punggungnya dan akan menimbulkan suara nyaring, selain itu mereka dapat melakukan hal ini selama 10 kaki berturut-turut. Hal ini dilakukan untuk dipamerkan kepada sang betina pada musim kawin. Paus memiliki lapisan minyak yang banyak di lapisan kulitnya, inilah yang menyebabkan mereka diburu. Sekarang, populasi paus biru semakin menipis karena banyaknya pemburuan.
2. Paus Sperm, Hewan Bergigi dan Karnivora Terbesar, serta Hewan Dengan Ukuran Otak Terbesar-Panjang max:21 meter
Dengan panjang tubuh dapat mencapai 21 meter dengan berat sekitar 70 ton, paus sperm adalah hewan bergigi sekaligus karnivora terbesar. Kepalanya yang besar & bentuk keseluruhan tubuhnya yang berbeda, ditambahkan lagi kemunculannya dalam film Moby-Dick yang ditulis oleh Herman Melville, membuatnya dikenal sebagai paus archetype. Sebagian karena Melville, paus sperm sering dihubungkan dengan Leviathan semi mistis dari cerita-cerita Alkitab. Ciri khusus dari paus ini adalah kepala yang besar, lebih-lebih paus jantan yang memiliki kepala yang berukuran 1/3 dari seluruh ukuran tubuhnya. Berbeda dengan species paus kebanyakan, kulit belakang paus sperm biasanya berkedut. Karena kepalanya yang besar, tidak mengherankan bahwa paus sperm memiliki otak yang paling besar diantara banyak hewan di muka bumi. Berat otaknya bisa mencapai 7 Kg. Walaupun memiliki otak yang sangat besar, paus sperm juga tidak bisa dikatakan hewan yang pintar karena kapasitas otaknya tidak begitu banyak.
3. Hiu Paus, Ikan Terbesar-panjang max:18 meter
Hiu Paus adalah ikan terbesar dengan panjang dapat mencapai 18 meter & bobot mampu mencapai 22 ton. Hiu Paus dapat ditemukan di Samudera Hindia. Tidak seperti keluarganya yang lain, hiu paus hanya memakan krill atau plankton. Walaupun tidak memiliki baleen seperti paus, hiu paus masih dapat memakan plankton dengan cara menggiringnya masuk ke dalam mulutnya.
4. Cumi-Cumi Colossal, Invertebrata Terbesar-anjang max:14 meter (pernah ditemukan bangkainnya sepanjang 21,5 meter)
Sebelumnya, beberapa orang tidak percaya tentang keberadaan sosok cumi-cumi raksasa seperti dalam film, tetapi akhirnya pada tahun 1900-an, ditemukan bangkai cumi-cumi raksasa sepanjang 16,76-18 meter, atau bahkan lebih! Sebelumnya, cumi-cumi raksasa adalah hewan invertebrata terbesar, sebelum bangkai Colossal Squid yang ditemukan dengan panjang 21,5 meter! Sejak saat itulah beberapa orang mulai percaya tentang keberadaan cumi-cumi raksasa. ini. Ukuran minimal hewan ini kemungkinan 12-14 meter (39-46 kaki)! Colossal Squid membutuhkan 30 gr mangsa setiap harinya.
5. Buaya Air Asin, Reptilia Terbesar-panjang max:8,5 meter (pernah dilaporkan sepanjang 9,2 meter & pernah ditemukan di Kalimantan Timur sepanjang 12 meter)
Buaya air asin maksimum dapat mencapai panjang 8,5, tetapi pernah dilaporkan pernah ditemukan buaya air asin sepanjang 9,2 meter! Bahkan di Kaltim pernah ditemukan buaya air asin sepanjang 12 meter! Buaya air asin dapat ditemukan daerah rawa-rawa & air asin dibagian Utara India & Australia. Buaya ini biasanya
memangsa hewan yang lebih besar darinya, seperti banteng, monyet, sapi, & banyak hewan mamalia yang lebih besar darinya. Buaya yang dapat mencapai bobot seberat 2 ton ini juga bisa disebut buaya Indo-Pasifik dan buaya Estuarina, karena buaya ini juga dapat ditemui di Estuarina, Afrika.
6. Gajah Afrika, Hewan Darat Terbesar-Panjang max:7,3 meter
Di urutan kedua, ada gajah afrika sebagai hewan darat terbesar. Berat anak gajah Afrika yang beru lahir dapat mencapai 10-12 ton, atau sama dengan berat 23 kuda balap! Walaupun saat bayi gajah Afrika memiliki bobot yang sangat berat, saat dewasa beratnya menjadi menurun. Jantan dewasa dapat mencapai berat 10,6 ton, sedangkan betina jauh lebih kecil dengan berat 7000 kg. Tinggi gajah Afrika kemungkinan mencapai 4 meter dan panjang gadingnya sama dengan panjang mobil sedan, sedangkan panjangnya  mencapai 24 kaki (7,3 meter). Walaupun besar, gajah afrika adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Setiap 20 jam, Gajah Afrika menghabiskan 500 pounds daun, 1500 mangkok biji-bijian, dan meminum 550 gelas!  

Gajah afrika memiliki telinga paling lebar dari seluruh hewan di muka bumi. Telinga yang lebar tersebut berguna untuk membelokkan panas & untuk menjaga suhu tepat gajah afrika.  Gajah Afrika memiliki hidung yang sangat panjang yang disebut belalai. Gajah Afrika menggunakan belalainya selanyaknya tangan. Mereka menggunakannya untuk makan, mandi, dan minum. Selain itu, ciri khusus gajah yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya salah satunya adalah sejenis tulang yang keluar yang terletak di belakang belalai yang disebut gading. Hanya gajah jantan yang memiliki gading. Gajah jantan menggunakan gadingnya untuk memperebutkan betina dengan cara bertarung, dan juga untuk menakuti pemangsanya. 

Karena gadingnya, hewan raksasa ini banyak diburu. Di pasaran, gading gajah memiliki harga yang sangat mahal. Antara tahun 1979 hingga 1989, jumlah gajah yang dibunuh untuk diambil gadingnya ada sekitar 600.000 ekor gajah. Pembantaian gajah menyebabkan jumlah gajah hanya sekitar 400.000-500.000 ekor gajah saat ini. Sebaliknya, di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, memanfaatkan gajah untuk mesin transportasi. Itulah sebabnya Thailand juga disebut dengan "Negeri Gajah Putih", karena gajah adalah hewan yang sangat dihormati di sana.
7. Jerapah, Hewan Tertinggi-Tinggi max:6 meter
Mamalia yang bernama latin Giraffa camelopardalis ini adalah hewan mamalia berkuku genap endemik dari Afrika, dan merupakan hewan tertinggi di dunia. Maksimum jerapah dapat tumbuh hingga tinggi 6 meter, kira-kira 2 kali tinggi ring basket! Ukuran normal mamalia ini dapat mencapai 4,8-5,5 meter dan memiliki berat 1360 kg. Yang membuatnya tinggi adalah lehernya yang sangat panjang. Sebenarnya, jerapah dahulu memiliki leher yang pendek, tetapi karena perkembangan evolusi untuk menyesuaikan lingkungannya, leher jerapah pun menjadi panjang. Selain leher, jerapah juga memiliki kaki yang panjang. Ciri khusus lainnya dari jerapah adalah lidahnya yang panjang dan lengket. Sehingga, ketika ia memakan daun yang berduri, jerapah tidak akan merasakan kesakitan. 

Jerapah adalah kerabat terdekat dari rusa dan sapi tetapi pada familia yang berbeda, yaitu Giraffidae, yang hanya mencakup jerapah sendiri dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitat asli jerapah berada di area Chad sampai dengan Afrika Selatan.
8. Burung Unta, Burung Terbesar-Tinggi max:2,7 meter
Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup (sebelumnya adalah moa / dinornis). Dengan tinggi dapat mencapai 2,7 meter , ia memiliki ukuran yang cukup besar untuk ditunggangi oleh manusia dewasa, dan ide ini telah digunakan oleh masyarakat di Afrika Utara dan Arab hewan tunggangan perlombaan. Walaupun memiliki sayap yang lebar dan besar dengan bulu yang lebat, burung yang bernama latin Struthio camelus ini tidak dapat terbang dikarenakan memiliki bobot yang sangat berat, yaitu rata-rata sekitar mencapai 125-250 kg, dan termasuk dalam kumpulan primitif yang kurang dikenal, yaitu Palaeognaths. Burung unta hidup di Afrika, tepatnya di padang rumput sabana di Afrika Timur dan bagian gurun Afrika di Utara dan Selatan zona hutan khatulistiwa. Species yang terdapat di Timur Tengah telah lenyap. Karena dagingnya yang dikenal memiliki rasa yang tidak berlemak, burung unta dipelihara di Swedia untuk dikonsumsi. Menurut masyarakat setempat, saat burung unta merasa terancam, burung unta akan menyembunyikan kepalanya di dalam tanah, walaupun hal ini belum pernah dilihat. Burung unta adalah hewan berdarah panas dan memiliki paruh yang tak bergigi dan lancip. Karena bulunya yang menarik untuk digunakan sebagai bahan industri, burung unta populasinya sekarang menjadi semakin sedikit. Burung unta memiliki leher yang panjang dan dapat berlari cepat, yaitu 65 km / jam. Burung unta terkenal dengan sarang masyarakat, di mana beberapa ekor burung betina akan bertelur dalam satu sarang, untuk dierami oleh betina pada waktu siang dan jantan pada waktu malam. Telur burung unta adalah telur terbesar.
9. Beruang Kutub, Karnivora Darat Terbesar-Tinggi max:3 meter
Beruang dengan nama ilmiah Ursus maritimus ini adalah mamalia besar yang tergolong dalam familia Ursidae. Beruang yang dapat tumbuh hingga berat maksimum 1000 kg ini merupakan species circumpolar yang terdapat di daerah bagian paling Utara bumi, yaitu Arktik, dan termasuk beruang terbesar di antara species beruang lainnya. Walaupun beruang hidup di darat, beruang kutub juga kadang-kadang salah diklasifikasikan sebagai mamalia laut, ini disebabkan karena beruang kutub adalah perenang yang sangat handal yang dapat menempuh jarak 600 mil tanpa berhenti. Beruang kutub jantan memiliki berat antara 400-600 kg, dan kadang-kadang dapat mencapai 800 kg, bahkan lebih, dan tinggi mencapai 2,5 meter, dan dapat mencapai 3 meter saat ia berdiri. Sedangkan beruang betina hanya separuh dari berat jantan, yaitu 200-300 kg dan tinggi sekitar 2 meter. Beruang kutub memiliki indera penciuman yang tergolong sangat tajam, ia dapat mencium bau mangsanya dalam jarak 200 mil. Seperti yang saya bilang tadi, beruang kutub adalah perenang yang handal. Mereka menggunakan tungkai depannya untuk berenang dan tungkai belakang sebagai kemudinya. Kelenjar minyak yang terdapat di kulitnya yang dapat meminyaki bulunya dengan baik sehingga tahan air dan membuat tubuhnya kering selama ia berenang. Pada musim panas di Kutub Utara, terutama bulan Mei-Juni, bulu-bulu beruang kutub rontok untuk menjaga tubuhnya tetap stabil. Makanan utama beruang kutub adalah ikan dan anjing laut. Tidak seperti kebanyakan hewan predator, beruang kutub adalah hewan yang sabar ketika ia berburu. Mereka menunggu mangsa selama berjam-jam hingga sang target melompat ke daratan dan langsung diterkam oleh beruang kutub. Seekor beruang kutub dewasa membutuhkan asumsi lemak sebesar 2 kg / hari untuk dapat bertahan hidup disuhu yang dingin. Seekor anjing laut seberat 55 kg dapat memenuhi cadangan makanan bagi beruang kutub untuk bertahan hidup selama 8 hari. Secara umum, beruang kutub adalah hewan yang hidup secara soliter. Tetapi, beruang betina memilih hidup berkelompok bersama anak-anak untuk tetap menjaga anak-anaknya. Musim perkawinan beruang kutub terjadi pada musim panas di Kutub Utara, yaitu Maret-Juni. Beruang betina akan melahirkan pada bulan Desember-Juni dan biasanya akan merlahirkan 2-3 bayi beruang kutub. Selama masa kehamilan, induk beruang kutub akan menggali sarang di antara tumpukan dan tidur sepanjang musim dingin di sarang hingga bayi-bayinya lahir. Meskipun begitu, induk beruang sama sekali tidak merasakan dehidrasi ataupun kekurangan makanan untuk menyusui bayi-bayi beruang yang telah lahir. Bayi-bayi tersebut akan terus berada di sarangnya selama 28 bulan. Saat baru lahir, bayi beruang kutub hanya seukuran tikus, tidak memiliki bulu, buta, dan lemah. Beruang betina biasanya hidup di sepanjang Pantai Kutub Utara, sementara beruang jantan tinggal di atas bongkahan-bongkahan es yang terapung yang jauhnya 180 mil dari pantai. Beruang kutub sebenarnya adalah hewan yang aktif dan sama sekali tidak takut terhadap kehadiran manusia.
10. Kanguru Merah, Marsupialia Terbesar-Panjang max:3 meter
Hewan yang merupakan hewan khas dari Australia ini memiliki nama yang diambil dari kata gangguru dari bahasa Aborigin. Kanguru yang jika berdiri dapat mencapai tinggi 2 meter ini bobotnya dapat mencapai 187 kg. Kanguru merah bergerak dalam kelompok besar. Mereka tidur saat siang hari yang panas. Apabila mereka haus dan tidak menemukan air, kanguru merah akan mencari kelembapan pada tumbuhan hijau. Kanguru merah akan berkembang biak karena hanya saat hujan dan tumbuh tanaman yang baru. Saat lahir, bayi kanguru merah hanya berbobot 0,75 gr saja. 
11. Capybara, Pengerat Terbesar-Panjang max:1,2 meter
Capybara adalah hewan pengerat terbesar yang masih hidup (sebelumnya adalah Phoberomys Pattersoni) yang merupakan hewan domestik di daerah tropis & lembab di Amerika Selatan, tepatnya di daerah bagian Timur Andes, dari wilayah Kanal Panama sampai daerah Utara Kolombia & Venezuela, Uruguay, & Propinsi Buenos Aries, Argentina. Hewan pengerat ini terlihat seperti marmut raksasa, di mana capybara jantan memiliki berat berkisar antara 35-65 kg, sedangkan betina seberat 36-66 kg. Tubuh capybara besar, tetapi pendek & gemuk, dengan panjang 4 kaki (1,2 meter / 105-135 cm) & tinggi 51 cm (20 inci) dari bahu. Seperti banyak jenis pengerat, capybara memiliki 2 gigi seri yang selalu tumbuh terus menerus. Kaki depan capybara lebih panjang & memiliki 4 jari daripada kaki belakangnya yang memiliki 3 jari, & keduanya memiliki selaput. Capybara adalah hewan semi-aquatik, di mana hewan ini tidak dapat tinggal jauh dari air. Mereka dapat hidup di habitat rawa, hutan mangrove, & hutan hujan. Daerah kekuasaan capybara dapat menjapai 10 hingga 20 ha. Mereka hidup dalam kelompok yang memiliki hubungan keluarga, terdiri dari 2 sampai 30 ekor. Capybara adalah hewan yang pendiam & temperamen, juga pemalu, sehingga jarang sekali terlihat. Hewan mamalia ini dapat hidup hingga umur 8-10 tahun, tetapi di kebun binatang bisa sampai 12 tahun.
12. Salamander Cina Raksasa, Amfibi Terbesar-Panjang max:1,8-2 meter
Salamander Cina raksasa dapat tumbuh mencapai 6 kaki (1,8 meter) & berat lebih dari 55 pon (25 kg). Amfibi ini memiliki kepala yang besar, namun mata & hidupnya sangat kecil. Ia juga memiliki kaki yang kecil, ekor yang panjang, & moncong yang lebar. Amfibi ini dapat ditemukan di bagian Timur Laut, Central, & Selatan Jepang. Ia memakan ikan, katak, kepiting, & ular. Salamander Cina raksasa tidak berbahaya bagi manusia.
13. Laba-Laba Goliath Pemakan Burung, Arachnida Terbesar-Panjang:28 cm (11 inci)
Sesuai namanya, laba-laba goliath biasanya memakan burung. Jika biasanya penglihatan laba-laba buruk, laba-laba goliath adalah satu-satunya laba-laba yang memangsa makanannya tidak menggunakan jaring & penglihatannya tajam. Laba-laba ini tidak berbahaya bagi manusia. Untuk mempertahankan dirinya dari predator, laba-laba goliath mempunyai bulu-bulu yang beracun yang racunnya akan dikeluarkan saat ia merasa terancam. Laba-laba goliath adalah hewan asli dari Amerika Selatan. Rentang kaki-kaki laba-laba ini dapat mencapai 30 cm & berat 170 gr! Betina dapat mengeluarkan hingga 100-200 telur yang akan menetas dalam waktu 2 bulan. Terkadang, laba-laba betina memakan laba-laba jantan. Mereka dapat hidup hingga usia 15 hingga 25 tahun.
14. Kumbang Goliath, Serangga Terberat-Berat max:100 gr
Kumbang Goliath dapat tumbuh hingga berukuran 11,5 cm dengan bobot sekitar 115 gr! Cukup besar untuk ukuran serangga. Kumbang Goliath dapat ditemukan di Hutan Hujan Tropis di Amazon, Brazil.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar