"Selamat Datang Di Blogku..."

Minggu, 24 Juli 2011

10 Hewan Transparan Di Dunia

1. Katak Kaca, Hyalinobatrachium pellucidum-Katak Transparan
Dari sekian begitu banyak species amfibi yang unik dan menarik di bumi, katak kaca atau glass frog mungkin adalah salah satunya. Disebut unik, karena kulit katak ini berwarna transparan, sehingga organ-organ tubuhnya dapat terlihat.
Kulit yang transparan ini membuat glass frog menjadi terlindungi dari predator, karena kulitnya ini hampir tidak dapat terlihat di antara dedaunan, apalagi kebanyakan glass frog adalah hewan yang aktif pada malam hari (nocturnal). Glass frog hidup di pepohonan dan di antara tanaman di hutan pegunungan Amerika Selatan yang beriklim lembab. Selama musim kawin, katak ini hidup di sepanjang kawasan dekat sungai, di mana mereka akan bertelur. Tidak seperti kebanyakan katak, glass frog meletakkan telurnya pada daun yang ditempatinya. Katak kaca atau katak kristal ini pertama kali ditemukan di daerah Ekuador oleh para ilmuwan dari organisasi lingkungan hidup Conservation International (CI) dalam penelitian keragaman hayati di Hutan Lindung Nangaritza Ekuador dekat perbatasan Peru. Hewan amfibi ini berukuran kecil, sekitar kuku jari tangan manusia. Hewan yang unik ini tergolong hewan langka. Para ahli konservasi sangat tertarik dengan jenis katak ini, karena kemungkinan katak ini bisa menjadi bioindikator, atau yang artinya satu spesies dapat menyediakan petunjuk tentang kesehatan dari lingkungan tempat hidup mereka. Karena perubahan cuaca di bumi, beberapa hutan hujan dan hutan awan tempat glass frog hidup menjadi terlalu kering, yang membuat katak ini (dan juga tanaman dan hewan lainnya yang hidup di hutan hujan dan hutan awan) mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Dengan meneliti Glass frog, diharapkan dampak dari pemanasan global bagi hutan hujan dan spesies yang ada di dalamnya bisa dipelajari lebih jauh.
2. Ikan Barreleye, Macropinna microstoma-Ikan Berkepala Transparan
Ikan dengan kepala yang transparan yang berbetuk kokpit pesawat tempur ini ditemukan pada tahun 1939 secara tidak sengaja di pantai California oleh para peneliti MBARI dengan kamera canggih yang mereka miliki. Ikan barreleye hidup di kedalaman antara 300-800 meter di bawah permukaan laut. Di Aquarium mata ikan ini dapat bergerak secara horizontal & vertikal. Selain kepala yang transparan, ikan ini juga memiliki organ penciuman yang terlihat seperti lensa yang berwarna hijau yang terletak di atas matanya.
3. Transparent Zebrafish, Ikan buatan Ilmuwan
Ikan zebra tembus pandang ini hasil kreasi para ilmuwan di tahun 2008 dengan tujuan agar mereka dapat mempelajari proses penyakit, termasuk penyebaran kanker. Ikan transparan ini memudahkan para peneliti di Children’s Hospital Boston untuk secara langsung melihat organ dalam ikan dan meneliti proses-proses seperti pertumbuhan tumor dalam waktu-riil pada organisme hidup.
4. Transparent Crocodile Icefish, Channichtydae-Ikan Transparan
Ditemukan di perairan dingin dekat Antartika dan Amerika Selatan bagian selatan, ikan es buaya ini memangsa udang-udang kecil, copepods, dan ikan-ikan lainnya. Darah mereka transparan disebabkan mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya sel darah merah yang tidak berfungsi. Metabolisme bergantung hanya pada oksigen yang terlarut dalam darah, yang dipercaya diserap langsung melalui kulit dari air. Hal ini terjadi karena air dapat melarutkan paling banyak oksigen di suhu terdinginnya.
5. Glass Squid, Teuthowenia pleusida-Cumi-cumi Transparan
Glass squid atau cumi-cumi gelas, dinamakan cumi-cumi gelas karena tubuhnya transparan seperti gelas, dapat ditemukan di belahan bumi bagian selatan samudera. Glass squid meiliki organ cahaya pada matanya & memiliki kemampuan untuk menggulung menjadi bola, sama seperti landak laut. Ini digunakannya untuk berenang agar lebih cepat saat menghindari pemangsa, seperti hiu goblin.
6. Amphipod Phronima, Amphipod Transparan
Hewan yang tidak biasa ini adalah salah satu dari sekian banyak spesies-spesies aneh yang baru-baru ini ditemukan dalam sebuah ekspedisi laut di pegunungan laut dalam di Atlantik Utara. Dalam strategi ironis untuk bertahan hidup, makhluk yang berbentuk menyerupai udang kecil ini, menunjukan sesuatu yang dipunyainya, dalam dan luar dalam usaha untuk menghilang.

7. Udang larva punggung babi, Larva Udang Transparan
Udang yang masih berbentuk larva ini dapat ditemukan disekitar pulau Hawaii, dan tinggal di atas tubuh ubur-ubur yang istilahnya adalah 'simbiosis komensalisme', yaitu hubungan antara makhluk hidup yang pihak I di untungkan, sedangkan pihak ke-II tidak diuntungkan apa-apa.
8. Kupu-kupu Bersayap Transparan, Greta oto-Kupu-kupu Transparan
Di antara beberapa serangga bersayap yang unik, mungkin kupu-kupu bersayap transparan ini adalah salah satu di antara banyak species serangga terbang yang unik dan menarik. Serangga yang bernama latin Greta oto ini, hidup di wilayah hutan tropis dan subtropis di Amerika Tengah, dari Meksiko hingga Panama, beberapa speciesnya juga ditemukan di Amerika Selatan. Kupu-kupu ini memiliki sayap dengan jaringan di antara urat-urat sayapnya terlihat seperti kaca, sehingga warnanya transparan.
9. Salpa

Hewan yang menyerupai ubur-ubur ini biasa disebut dengan sebutan salpa, yang memakan tumbuhan kecil dari air yang dikenal dengan nama fitoplankton atau alga. Salpa memang memiliki tubuh berwarna transparan.
10. Ubur-ubur, Invertebrata Transparan
Hewan Invertebrata yang merupakan filum Cnidaria ini adalah hewan yang sangat unik, keunikannya adalah ia tidak memiliki otak dan tulang. Selain itu, keunikan lainnya yang dimiliki ubur-ubur adalah ia memiliki tubuh yang tembus pandang. Walaupun hidup di laut, ubur-ubur adalah hewan yang tergolong dalam kelompok invertebrata, atau hewan tidak bertulang belakang, bahkan tidak memiliki tulang sama sekali. Hewan yang termasuk dalam kelas Scyphozoa ini tidak mempunyai kepala, tetapi memiliki perut, mulut, dan lengan-lengan yang panjang yang disebut tentakel. Tubuhnya hampir semua berbahan air, sehingga hewan dikenal memiliki racun ini memiliki tubuh yang tembus pandang. Ubur-ubur hidup di perairan seluruh belahan dunia.


Ubur-ubur memiliki bentuk seperti loncang dengan tentakel yang menjuntai di tubuhnya. Kebanyakan ubur-ubur memiliki tentakel yang beracun, bahkan beberapa jenis ubur-ubur memiliki racun yang dapat membunuh manusia dalam waktu beberapa menit saja. Selain itu, beberapa ubur-ubur memiliki tubuh yang apabila disentuh akan menyebabkan gatal-gatal.


Ubur-ubur adalah hewan invertebrata yang memiliki ukuran yang kecil. Beberapa ubur-ubur memiliki ukuran yang tidak lebih besar daripada sebuah kelereng. Tetapi, ubur-ubur juga bisa tumbuh hingga melebihi ukuran manusia, dan tentakel yang sangat panjang. Ubur-ubur menggunakan tubuhnya yang menyerupai lonceng untuk berenang. Ia mengembangkan tubuhnya, kemudian menangkupkan sisi-sisinya dengan cara bersamaaan. Gerakan tersebut akan mendorong air, sehingga ia dapat mengarungi air. Selain itu, beberapa ubur-ubur bahkan bergerakan sangat lambat, sehingga ia hanya memanfaatkan aliran air untuk mendorongnya, atau bahkan hanya ikut arus air saja.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar