"Selamat Datang Di Blogku..."

Rabu, 28 Desember 2011

Udang Mantis Bisa Melihat 'Hantu'

KOMPAS.COM-Dengan mata supernya, yang terdiri dari banyak mata, udang yang hidup di sekitar terumbu karang ini kemungkinan bisa melihat hantu, atau hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh manusia. Bagaimana tidak, udang berwarna cerah ini memiliki pantulan cahaya ultraviolet hingga inframerah di matanya.

Jika manusia hanya mampu melihat dengan kombinasi dari tiga warna primer, mata udang mantis mampu membedakan sebelas hingga dua belas warna primer. Selain itu, udang yang bernama latin "Odondactylus scyllarus" ini juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya yang berbeda-beda dari polirasi cahaya.

Seperti beberapa hewan lainnya, seperti burung parkit dan semut, kemampuan melihat cahaya yang terpolirasi dimanfaatkan oleh udang mantis untuk navigasi dan melihat mangsanya. Mereka dapat melihat perubahan pola warna pantulan cahaya jika jatuh dari sudut-sudut berbeda pada permukaan benda.

Salah satu peneliti dari Universitas Queensland, Australia, Andrews White, mengatakan bahwa, "Udang mantis sungguh hewan yang aneh dan sekarang kami menemukan bahwa spesies ini dapat melihat dunia yang ghaib bagi sebagian besar dari kita.".

Bahkan, udang mantis juga memiliki kemampuan untuk melihat polirasi cahaya yang lebih kompleks yang disebut circular polarization. Polirasi yang terjadi bukan hanya karena berkas cahaya yang jatuh lurus ini sangat jarang sekali terjadi. Hanya beberapa makhluk yang dapat menghasilkan polirasi semacam ini, contohnya adalah kunang-kunang, klorofil daun, kumbang jimat, dan juga tubuh udang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar