"Selamat Datang Di Blogku..."

Jumat, 23 Desember 2011

Ubur-Ubur Karibia, Makhluk Hidup Abadi

 Baru-baru ini, beberapa ilmuwan telah menemukan semacam mikroorganisme laut yang diberi nama latin "Turritopsis Nutricula", dan mungkin adalah satu-satunya makhluk hidup yang bisa hidup abadi.

Menurut para ilmuwan, diameter mikroorganisme yang berbentuk ubur-ubur ini memiliki diameter hanya 4-5 mm saja. Tetapi, mikroorganisme laut yang memiliki ukuran yang dibilang sangat kecil ini, memiliki kemampuan "kembali awet muda".

Menurut ilmuwan yang telah lama terlibat dalam penelitian 4000 "Turritopsis Nutricula", mengatakan bahwa jenis ubur-ubur semacam ini dapat "kembali lagi menjadi muda" lagi, tidak ada jenis ubur-ubur ini yang mati karena unsur di dalam tubuh mereka sendiri. Ilmuwan menegaskan bahwa ubur-ubur yang berasal dari Kepulauan Karibia ini adalah satu-satunya makhluk hidup yang dapat kembali dari tahap dewasa ke tahap larva.

Dalam keadaan normal, hewan laut bertubuh transparan ini setelah selesai bereproduksi akan mati, namun "Turritopsis Nutricula" setelah mencapai tahap dewasa akan kembali menjadi muda dan kembali memulai suatu proses kehidupan yang lain, dari teori ini dapat dikatakan siklus hidup ubur-ubur karibia akan berulang terus.

"Turritopsis Nutricula" termasuk Hydrozoa, semacam organisme pemangsa dengan microorganisme sebagai makanan utamanya, yang berkembang biak dengan cara vegetatif, dan banyak hidup di perairan tropis, juga dapat melekat pada kapal yang berlayar, karena volumenya yang sangat kecil, membuat organisme ini tidak bisa dilihat, apakah berdampak pada ekosistem.

Cara "Turritopsis Nutricula" untuk kembali ke tahap mudanya masih merupakan misteri bagi para ilmuwan untuk menjawabnya.



Sumber :http://terselubung.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar