"Selamat Datang Di Blogku..."

Rabu, 28 Desember 2011

Kelelawar, Mamalia Pemilik Otot Super Cepat

VIVANEWS-Studi yang dilakukan oleh seorang ahli biologi dari University of Denmark menghasilkan bahwa kelelawar sebagai mamalia pertama yang diketahui memiliki otot super cepat. Otot tersebut membuat satu-satunya mamalia yang bisa terbang ini bisa memburu mangsanya.

Otot super cepatnya tersebut terletak di tenggorokannya, dan membuatnya mampu menghasilkan ekolokasi. Seperti yang saya telah tuliskan di entri saya sebelumnya, di Hewan-Hewan Berkemampuan Khusus, ekolokasi adalah kemampuan yang dimiliki oleh kelelawar dan lumba-lumba, untuk mendeteksi benda-benda di sekitarnya dengan menggunakan gelombang ultrasonik, yang nantinya akan dipantulkan oleh benda-benda tersebut.

Ketika kelelawar sudah sangat dekat dengan mangsanya, dia akan mengeluarkan 160 'panggilan' per detik. Fenomena seperti disebut dengan nama "Terminal Buzz". Ditemukannya otot super cepat pada tenggorokan kelelawar menunjukkan bahwa mengapa kelelawar dapat mengeluarkan panggilan seperti itu dengan cepatnya.

"Hal ini luar biasa karena otot tersebut adalah bagian dari hewan yang sangat jarang.", ujar seorang Pakar Teknologi mempelajari kelelawar, Ceon Elemans, seperti yang dikutip oleh National Geographic pada 30 September 2011.

Meski demikian, otot super cepat yang dimiliki oleh kelelawar tersebut hanya memungkinan panggilan dalam batasan tertentu saja. Akan tetapi, itu sudah cukup untuk kelelawar mengetahui mangsanya.



Sumber :http://www.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar